Rencana Pelaksanaan Pelayanan 
  Satuan Layanan Klasikal
  Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas Negeri ..................................... Kelas/Semester : X / 1
Waktu : 1 X 40 menit
I. MATERI LAYANAN : BAB I selamat tiba kelas X
A. SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN
II. ASPEK PERKEMBANGAN : 7. Pengembangan langsung
III. NILAI KARAKTER : Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab
IV. KOMPETENSI : Menanamkan rasa cinta pada sekolah
V. INDIKATOR : Dapat mengikuti acara sekolah yang sanggup berbagi emosi atau keterikatan sosial terhadap orang lain
VI. BIDANG BIMBINGAN : Sosial
VII. TUJUAN LAYANAN : Peserta didik sanggup mencicipi suasana nyaman di kelas X
VIII. FUNGSI LAYANAN : Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
IX. METODE : Kooperatif Learning, Joyfull Learning
X. SUMBER LAYANAN : Modul BK - Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
XI. LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :
 KEGIATAN    PELAYANAN KLASIKAL   |      WAKTU   |    
 A.        Pendahuluan   1.         Memberi salam,   mengusut kehadiran penerima didik dan kebersihan kelas.   2.         Apersepsi dan   motivasi : bagaiaman Cara menumbuhkan rasa cinta pada sekolah ?   3.         Menjelaskan   tujuan pelayanan klasikal dan aspek perkembangan yang akan dicapai sesuai   dengan RPL Silabus.   |     10 ’   |   
 B.        Kegiatan Inti   1.         Proses    •    Eksplorasi  : peserta didik mencicipi   pendekatan dalam pelayanan kllasikal sewaktu menciptakan puisi ihwal sekolah   •    Elaborasi    : membuat teks puisi ihwal   cinta sekolah dengan mendalami dan memahami kondisi dan suasana di sekolah   yang baru   •    Konfirmasi  : memberikan konfirmasi terhadap pengalaman dihari-hari   awal tahun di sekolah gres sewaktu MOPD    2.         Aspek CTL    •      Questioning (bertanya) : peserta didik menanyakan ihwal cara   menciptakan teks puisi  mengenai sekolah.   •    Konstruktivisme (membangun) : melakukan   percobaan sikap gres menurut aspek dan kiprah perkembangan yaitu ”A New   Spirit in The School Year”   •    Authentic Assessment (penilaian   yang sebenarnya) : menyelesaikan   kiprah di modul BK dengan melengkapi kalimat bagaiaman menanamkan rasa cinta   pada sekolah   3.         Kecakapan Hidup    •    Kooperatif : membacakan puisi ihwal   sekolah dengan penuh semangat .   |     25’   |   
 C.        Penutup   1.         Kesimpulan :   penerima didik dan guru BK menyimpulkan suasana hati di kelas X sesudah menciptakan   puisi ihwal sekolah   2.         Refleksi       : menumbuhkan rasa   cinta kepada sekolah melalui puisi   |     5 ’   |   
 XII. PENILAIAN
  TEKNIK   |     BENTUK   |     TAHAP PENILAIAN   |   
 Penilaian   diri   |     Puisi   |     Laiseg     :   Ekspresi bahagia pada diri siswa   Laijapen : Tetap bahagia berguru di kelas.   Laijapan : Prestasi berguru tercapai alasannya yaitu ada rasa   bahagia berguru di kelas.   |   
 XIII. CATATAN KHUSUS
  A. Diberikan reward kalau ada perubahan sikap pada penerima didik berjulukan :
  B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan sikap bernama 
  Mengetahui,                                                                              .............................., Juli 2017 
  Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ...............                                                Guru BK Kelas X
  ....................................                                                              ................................................ 
  NIP.                                                                                           NIP. –
 
