Bagian atau Komponen pada Mesin Jahit

 Bagian atau Komponen pada Mesin Jahit

 Menjahit ialah salah satu kegiatan atau praktek dalam kriya kulit yang kompetensi tersebu  Bagian atau Komponen pada Mesin Jahit
 Bagian atau Komponen pada Mesin Jahit


gigi pda mesin jahit - Menjahit ialah salah satu kegiatan atau praktek dalam kriya kulit yang kompetensi tersebut harus dikuasai sepenuhnya, sebab hasil jahitan sangat mempengaruhi hasil jadi dari produk yang dibuat. Produk dengan jahitan yang kurang baik tidak hanya mempengaruhi dari segi keindahannya saja namun dari segi kekuatan juga berpengaruh. Jahitan yang rapi dan kuat sangat diperlukan dalam pembuatan produk kriya kulit. Menjahit pun dapat dilakukan secara manual (memakai tangan) dan juga menggunakan mesin. Menjahit dengan tangan dilihat lebih sedikit menggunakan peralatan untuk menjahit, hanya dengan jarum ditambah benang langsung dapat melakukan aktivitas tersebut. Berbeda dengan menjahit dengan mesin jahit, dirasa lebih kompleks dikarenakan mesin jahit sendiri mempunyai komponen yang lumayan.
Sebelum menggunakan mesin jahit alangkah baiknya kita mengerti dan memahami fungsi atau kegunaan komponen-komponen yang ada di mesin jahit tersebut, agar dalam proses menjahit menghasilkan jahitan yang diinginkan. Seperti men-setting bagian tertentu agar jahitan rapi dan kuat. Berikut ini komponen/bagian mesin jahit dan semoga menambah wawasan sebelum memulai proses jahit-menjahit :
- komponen mesin jahit butterfly
a. Tempat menaruh benang/pemegang kelos benang
Seperti namanya berfungsi untuk menaruh benang agar lancar dan stabil.

b. Landasa busa
Berfungsi untuk menahan benang, tujuannya ialah supaya benang tidak masuk dibawah rol benang, jika hal tersebut terjadi maka akan mengakibatkan benang tidak bisa jalan dan putus.

c. Piringan penegang benang/Ring penjepit benang
Untuk menegangkan atau menjepit benang agar hasilnya stabil, rapi dan kuat juga berfungsi sebagai penyeimbang antara benang atas dan bawah.
- bagian bagian mesin jahit industri
d. Tuas sepatu
Digunakan untuk mengangkat dan menurunkan sepatu pada mesin jahit.

e. Tiang jarum
Memberikan beban pada jarum agar mampu menembus bahan yang akan dijahit.
bagian bagian mesin jahit manual
f. Tiang penekan sepatu
Komponen mesin jahit yang satu ini memberikan tekanan kebawah agar sepatu dan gerakan gigi mampu menarik bahan untuk berjalan maju maupun mundur.

g. Pelatuk
Ini berfungsi untuk menarik benang dari dari tekanan benang atas.

h. Skoci (benang bagian bawah)
Bagian mesin jahit untuk meletakkan sekoci dan mengkait benang serta jarum agar lebih stabil.
- komponen mesin jahit listrik
i. Sarangan
Tempat dimana untuk meletakkan sekoci dan mengkaitkan benang ke jarum.

j. Skrup penekan sepatu
Untuk menekan sepatu agar bahan bisa berjalan. Jika bahan yang dijahit bervolume lebih tebal maka yang harus dilakukan ialah menambah tekanannya .
- bagian mesin jahit juki
k. Gigi
Berfungsi untuk menarik bahan agar dapat berjalan maju ataupun mundur.

l. Platdek gigi
Komponen pembatas atau pemisah gerakan sepatu dan gigi agar bahan dapat berjalan.

m. Platside
Bagian mesin jahit sebagai pengganti penggulung benang (spool) saat habis juga agar penggantian warna benang mudah dilakukan.

n. Pembalik tusuk jahitan
Seperti namanya digunakan untuk mengatur maju atau mundurnya jahitan pada mesin jahit.
- komponen mesin jahit singer

o. Pengatur jarak pada jahitan
Untuk mengatur jarak pada jahitan.
- gigi mesin jahit
p. Penggulung benang
Ini digunakan untuk menggulung benang, perlu diketahui bahwa saat menggulung benang harus padat dan jika tidak padat maka akan berpengaruh pada jahitan menjadi kendor.
-tangkai besi berlubang pada mesin jahit
Diatas ialah 16 komponen dari mesin jahit yang jika seorang pemula haruslah mengetahui bagian tersebut sebelum memulai belajar menjahit supaya tidak salah mengartikan fungsinya. Sekian pembahasan pengenalan dasar kali ini.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  gigi pda mesin jahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang POLA KEBAYA MODERN 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.kriyakulit.com/2021/04/bagian-atau-komponen-pada-mesin-jahit.html
LihatTutupKomentar