Cara Pengisian Sajian Jadwal Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018)

Dapodik Versi 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018) 
Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018) terdapat fitur baru, yaitu menu pengisian jadwal. Pengisian jadwal mempunyai keterkaitan dengan isian pada beberapa sajian lain diantaranya ialah data periodik sekolah, data prasarana, data rombongan mencar ilmu dan data pembelajaran. Sehingga pengisian sajian jadwal sangat bergantung dari isian yang sudah diinputkan dari keempat sajian yang tergambarkan pada alur di atas.


Sebelum mengisi jadwal, akan ada cek validasi waktu penyelenggaraan sekolah yang harus operator lengkapi pada data rinci sekolah. Untuk pengisian prasarana dipakai dikala memetakan bangunan yang dijadikan ruang kelas, pada pengisian rombongan mencar ilmu dipakai untuk memetakan prasarana rombel dalam menjalani proses mencar ilmu mengajar, pengisian pembelajaran dipakai untuk memetakan mata pelajaran dan guru mata pelajaran yang diinputkan di masing-masing rombongan belajar.

Aplikasi Dapodik versi 2018 mempunyai kekerabatan dekat bagi setiap entitas data di sekolah. Sehingga dibutuhkan operator sekolah sanggup memetakan semua kondisi di sekolah dengan baik dan benar.

A. Pengisian Menu Jadwal Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018 (Dapodikdasmen Versi 2018)


CARA PENGISIAN MENU JADWAL PADA APLIKASI DAPODIK VERSI 2018 (DAPODIKDASMEN VERSI 2017)

Sebelum operator sekolah memakai fitur jadwal dan mengisi data di dalamnya, ada beberapa hal yang harus dipahami dan dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya ialah sebagai berikut:

1) Mengisi Data Periodik Sekolah
Sebelum mengakses fitur sajian Jadwal, operator sekolah harus melengkapi data periodik sekolah. Apabila data periodik sekolah belum terisi, maka dikala mengakses sajian jadwal akan muncul peringatan.

Untuk melengkapi data periodik sekolah, silakan menuju ke formulir data rinci sekolah pada sajian Sekolah. Kemudian Lengkapi semua kolom yang tertera pada formulir data periodic sekolah. Maka nantinya sajian jadwal akan sanggup terakses.

2) Persiapan Data Prasarana
Pada Aplikasi Dapodik versi 2018, untuk pengisian prasarana ruang kelas harus diperhatikan dengan seksama, untuk setiap rombongan mencar ilmu harus mempunyai prasarananya. Pengisian pada sajian Jadwal tidak memperbolehkan satu prasarana dipakai lebih dari satu rombel apabila rombel tersebut memakai satu prasarana di waktu yang sama.

Periksa kembali pengisian prasarana ruang kelas, pilih pada sajian “Sarpras”, lalu periksa kembali prasarana ruang kelas yang dijadikan pembelajaran di sekolah.

Catatan khusus :
Untuk sekolah yang melaksanakan sistem pembelajaran double shift, sehingga memakai satu prasarana yang dipakai oleh dua rombongan belajar, maka ada perlakuan khusu nantinya dalam pengisian jadwal di aplikasi dapodik. Sebagai rujukan rombongan mencar ilmu kelas 7a dan 8a memakai prasarana ruang kelas dengan nama “kelas 7A/8A”. Maka pada sajian Jadwal, pengisian untuk rombongan mencar ilmu 8a pada jadwal di prasarana “kelas 7A/8A” dimulai dengan pengisian dari pembelajaran ke-10 dan seterusnya.

3) Persiapan Data Rombongan Belajar
Setelah data prasarana yang menjalani aktifitas pembelajaran sudah terisi dan diperiksa, maka selanjutnya ialah menyelidiki data rombongan mencar ilmu setiap tingkatan nya

Untuk mempersiapkan data rombongan mencar ilmu silakan pilih pada sajian Rombongan Belajar lalu silakan isi dan periksa data rombongan mencar ilmu untuk semester ganjil tahun pedoman 2017/2018 kemudian sesuaikan letak prasaranya dengan prasarana yang sudah ditambahkan
sebelumnya.

4) Persiapan Data Pembelajaran
Data Pembelajaran sanggup dipersiapkan sesudah kedua tahapan sebelumnya yaitu persiapan data prasarana dan rombongan mencar ilmu sudah dilakukan.
Untuk mempersiapkan pembelajaran masing-masing rombongan belajar, pilihpada salah satu rombongan belajar, lalu pilih tombol “Pembelajaran”.

Sistem akan menampilkan data mata pelajaran yang sesuai dari setiap kurikulum yang dipilih pada pengisian rombongan mencar ilmu sebelumnya. Apabila tidak keluar mata pelajaran sesudah menentukan rombongan belajar, maka sanggup dipastikan ada kesalahan pengisian dikala menentukan kurikulum.

Lengkapi data pembelajaran di setiap rombongan mencar ilmu dengan mengisi data PTK yang mengajar disertai dengan SK Mengajar , tanggal Sk dan jjm yang seusuai dengan kurikulum pada setiap mata pelajaran yang ada di sekolah.

Data PTK yang mengajar disertai mata pelajaran dengan jumlah jam perminggunya dalam Pembelajaran, akan berdampak sangat besar terhadap isian pada sajian Jadwal. Mata Pelajaran mempunyai jumlah jam maksimum perminggu dalam setiap pembelajaran rombongan belajar, sehingga Pembelajaran pada masingmasing rombongan mencar ilmu berlaku perhitungannya dari senin-minggu atau sesuai dengan hari pelaksana pembelajaran di sekolah.

5) Pengisian Menu Jadwal
Operator sekolah harus memahami sebetulnya untuk jadwal Upacara dan Istirahat di sekolah tidak diinputkan dalam sajian pengisian jadwal. Untuk mengisi jadwal, pertama pilih sajian Jadwal yang terdapat pada sidebar di sebelah kiri aplikasi.

Apabila dikala mengakses sajian Jadwal dan muncul keterangan seperti
yang tampil pada gambar di bawah berikut, maka sanggup dipastikan
bahwa pengisian data periodik sekolah belum selesai. Silakan kembali ke sajian sekolah dan mengisinya pada data rinci sekolah.

Apabila sudah berhasil dalam mengakses sajian jadwal, hal berikutnya pada sajian jadwal yang harus dipahami oleh setiap operator sekolah ialah sebagai berikut:

a) Cek Waktu Penyelenggaraan
Ketika masuk ke dalam sajian jadwal, pilih tombol “cek waktu penyelenggaraan”, nantinya tombol ini berfungsi untuk melaksanakan validasi terhadap isian data periodik sekolah pada bab waktu penyelenggaraan sekolah.

Setelah menentukan tombol tersebut, maka apabila validasinya terhadap waktu penyelenggaraan maka akan tampil datanya dan sanggup melanjutkan ke pilih prasarana.

b) Pilih Prasarana
Prasarana yang tampil disini ialah prasarana yang sudah diinputkan pada sajian Sarpras, dan setiap prasarana yang terpilih nantinya akan memunculkan data rombongan mencar ilmu yang memakai prasarana tersebut.

c) Jadwal Hari
Terdapat tujuh hari dimulai daari senin-minggu untuk sekolah yang melaksakan kegiatan kegiatan mencar ilmu mengajar. Nantinya setiap hari dipilih dan akan muncul beberapa data mata pelajaran disertai data guru dan alokasi jumlah jam perminggunya.

Sehingga, sebelum pengisian pada sajian jadwal, pastikan pembelajaran pada tabel rombongan mencar ilmu telah terisi dengan benar berikut data prasarananya.

Pada tampilan sajian jadwal, pada bab atas terdapat sajian untuk menentukan prasarana yang akan diisikan data penjadwalan mata pelajarannya. Pilih prasarana ruang kelas yang akan diisikan datanya lalu pilih jadwal hari. Lalu, pilih tambah. Akan muncul beberpa kolom dengan beberapa keterangan, diantaranya ialah sebagai berikut:

- Pembelajaran
Data mata pelajaran yang terdapat pada salah satu rombongan belajar
yang memakai prasarana yang sudah terpilih.

- Alokasi Jam
Ketersediaan jumlah jam tatap muka.

- Dimulai jam ke
Penempatan urutan waktu mata pelajaran sesuai dengan alokasi jadwal di sekolah setiap harinya.

Pilih pembelajaran yang akan dimasukkan, data mata pelajaran yang tampil diambil dari isian pembelajaran pada pada salah satu rombongan mencar ilmu yang memakai prasarana tersebut.

Setelah menentukan mata pelajarannya, masukkan alokasi jam, dan isi kolom dimulai jam ke. Untuk alokasi jam diambil dari sajian JJM Pembelajaran pada salah satu rombongan mencar ilmu dan untuk dimulai jam ke didasarkan pada urutan mata pelajaran menurut jadwal di sekolah pada hari yang sudah terpilih.

Gambar di atas menjelaskan isian pembelajaran salah satu rombongan mencar ilmu yang mengalokasikan jumlah jam perminggu untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ialah 2 jam. Sebagai gambaran, bahwa pengisian alokasi jam disini ialah jumlah jam mata pelajaran per ahad yang sanggup dibagi menjadi beberapa
jam di hari yang berbeda.

Sebagai contoh, jikalau dalam tabel pembelajaran di kelas 9A mata pelajaran PKn diisi sebanyak 2 jam selama satu ahad dalam satu rombongan belajar, maka pada pengisian jadwal ini sanggup dibagi menjadi 2 hari (Senin dan Selasa) dengan masing-masing 1 jam alokasi.

Penjelasan rincian pemecahannya ialah sebagai berikut:

- Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kita tempatkan Hari senin sebanyak 1 jam pada urutan jadwal Dimulai Jam Ke 1, dengan rujukan sebagai berikkut,

- Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kita tempatkan Hari selasa  ebanyak 1 jam pada urutan jadwal Dimulai Jam Ke 6, dengan rujukan sebagai berikkut,

Masukan semua data pembelajaran ke dalam jadwal sesuai dengan alokasi di setiap masing-masing sekolah, sehingga setiap data pembelajaran pada masing-masing rombongan mencar ilmu sanggup terjabarkan dalam sebuah format penjadwalan kegiatan mencar ilmu mengajar di sekolah.


B. PENGISIAN MATA PELAJARAN BK DAN TIK (KUR 2013)
Ada catatan khusus untuk mata pelajaran BK dan TIK yang mesti operator sekolah perhatikan, yaitu :

- Untuk mata pelajaran Bimbingan Konseling pada semua jenis kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 yang disimpan pada jenis “jam tambahan”, silakan isikan jjm pada pembelajaran dengan 0 jam.

- Untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada kurikulum 2013 yang disimpan pada jenis “jam tambahan”, silakan isikan jjm pada pembelajaran sebanyak 0 jam.

Hal ini dikarenakan untuk kedua mata pelajaran tersebut tidak masuk ke dalam sajian jadwal, apabila terisi jjm nya maka nantinya masuk ke validasi aplikasi dapodik.

C. PENGISIAN MATA PELAJARAN AGAMA
Apabila dalam satu rombongan mencar ilmu terdapat mata pelajaran Agama lebih dari satu, maka silakan isikan jjm untuk mata pelajaran agama yang secara umum dikuasai dalam kelas tersebut sebanyak 2 jam dan untuk mata pelajaran yang minoritas sebanyak 0 jam.

Sebagai rujukan misalkan dalam satu rombongan mencar ilmu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ialah secara umum dikuasai bagi akseptor didik di kelas tersebut maka
- Isikan jam Pendidikan Agama Islam sebanyak 2 jam
- Isikan jam Pendidikan Agama lain sebanyak 0 jam

Pengisian 0 jam ini dilakukan semoga tidak masuk ke dalam validasi jadwal yang mengharuskan mata pelajaran yang mempunyai jam tidak sama dengan 0 terinput ke dalam jadwal. Sehingga isian jadwal yang diinputkan ialah mata pelajaran untuk pendidikan agama secara umum dikuasai di kelas tersebut.




= Baca Juga =



LihatTutupKomentar